Fakta Unik Sering Kentut Bagus untuk Kesehatan

Fakta Unik Sering Kentut Bagus untuk Kesehatan – Pernahkah menghitung berapa kali anda kentut atau buang angin dalam sehari? Kentut merupakan sebuah indikasi bahwa seseorang sehat meskipun suara juga baunya sangat mengganggu.

Kita tahu buang angin ini suatu fungsi yang bisa kita bilang cukup memalukan, namun kentut yang berbau busuk sekalipun adalah tanda bahwa sistem pencernaan bekerja dengan baik.

Kenapa manusia buang angin atau kentut?

Pada saat makan, minum, menelan air liur, berbicara dan bernapas kitu pun menelan udara. Yang mana udara yang tertelan berkumpul dalam usus yang terdiri dari nitrogen serta oksigen.

Disaat mencerna makanan tubuh pasalnya akan melepas gas yang di produksi oleh bakteri di dalam usus.Sebuah bakteri ini menghasilkan gas ketika mereka memecah gula serta pati yang tak dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh.

Baca Juga: Labu Untuk Kesehatan

Dalam kasus ini pula, bakteri menghasilkan metana juga hidrogen. Maka itu sebabnya mengapa kentut merupakan gas yang mudah terbakat dan menyebabkan pembakaran di anus, rektum dan bokong anda.

Kita ketahui pembuangan gas kentut biasa dilakukan lewat bersendawa atau buang angin akibat perut kembung. Dalam setiap hari sekitar 7-10 liter gas yang masuk dalam usus, namun hanya 1,9 liter yang dikeluarkan melalui kentut dan dicicil 15-20 kali dalam sehari. Dan berikut ini beberapa faktara unik kentut yang harus anda ketahui.

  1. Seseorang yang masih hidup sudah pasti akan kentut. Dimana orang yang sehat rata-rata akan kentut sebanyak 14 kali dalam sehari.
  2. Diakui atau tidak, wanita lebih jarang kentut itu lantaran sering menahannya atau diam-diam dilakukan ketika sendirian.
  3. Kentut yang tidak kunjung keluar umumnya dapat menjadi pemicu perut kembung sehingga merasa berat juga kurang nyaman. Namun saat anda melepaskannya maka cenderung merasa bebas dan nyaman.
  4. Kentut berbau busuk sekalipun dapat menjadi suatu indikasi yang jauh lebih serius. Apabila gas bertahan selama berhari-hari bisa menjadi tanda alergi makanan, terlebih masalah serius seperti kanker usus besar.
  5. Orang yang cenderung sering kentut lantaran sering mengonsumsi makanan sehat tertentu, salah satunya kol dan kubis.
  6. Sebuah manfaat besar dari kentut adalah memberikan bantuan dorongan hati. Hal ini tentu akan meningkatkan mood Anda secara signifikan.
  7. Dalam kasus lainnya, terlalu banyak kentut bisa menjadi suatu indikasi bahwa anda makan terlalu banyak. Untuk itu, mungkin anda bisa mengurangi konsumsi gula.

Nah, bagi anda yang saat ini sering kentut tidak perlu merasa khawatir. Karena buang angin merupakan bagian alami dari kehidupan sehari-hari. Demikian pembahasan mengenai kesehatan kali ini dan tunggu juga informasi-informasi kesehatan lainnya. Jangan lupa share