Ternyata Ini Kegunaan Labu Untuk Kesehatan

Ternyata Ini Kegunaan Labu Untuk Kesehatan

Ternyata Ini Kegunaan Labu Untuk Kesehatan

Bagi sebagaian orang buah labu dianggap sebagai buah biasa yang sering dijadikan berbagai olahan. Buah dengan ukuran besar dan berwarna oranye yang khas membuat buah labu sangat mudah untuk dikenali. Buah labu juga termasuk kedalam makanan padat yang tinggi nutrisi. Selain daging buahnya, daun dan biji labunya pun memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Buah labu juga diperkaya dengan kandungan vitamin namun tetap rendah kalori.

Buah labu biasanya sering dijadikan sebagai makanan penutup, sup dan salad. Bahkan labu ini sering diawetkan hingga digunakan sebagai pengganti mentega. Selain itu, buah labu juga diperkaya dengan antioksidan, vitamin A, vitamin C, serat, protein dan folat. Buah ini juga sering dijuluki dengan sebutan superfood. Julukan tersebut berasal dari kemampuannya dalam menangkal radikal bebas dan mampu menghalau racun yang masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, buah labu sangat disarankan untuk dikonsumsi

Khasiat Buah Labu

Labu memiliki nilai yang luar biasa dalam menjaga kesehatan tubuh. Buah labu juga menjadi sumber dari betakaroten. Yang mana betakaroten merupakan salah satu jenis antioksidan yang kuat. Kandungan tersebut juga merupakan senyawa pemberi warna cerah pada labu tersebut. Ketika masuk ke dalam tubuh, dengan otomatis betakaroten akan diubah menjadi vitamin A. Karena menyehatkan buah labu sangat bermanfaat dalam:

  • Mengontrol tekanan darah

Kandungan serat, vitamin C dan potassium yang terdapat dalam labu sangat baik untuk mendukung kesehatan hati. Sejumlah studi menganjurkan bahwa mengonsumsi potassium dengan cukup hampir sama pentingnya dengan mengurangi sodium untuk mengobati tekanan darah tinggi. Meningkatnya asupan potasium juga berpengaruh terhadap penurunan resiko terhadap stroke dan penurunan masa otot juga menjaga kepadatan tulang.

  • Mengurangi resiko terkena kanker

Penelitian telah mengungkapkan adanya hubungan positif antara diet yang kaya akan betakaroten dengan penurunan resiko terkena kanker. Hal ini dibuktikan dengan betakaroten yang mampu mencegah perkembangan kanker usus besar pada penduduk Jepang.

Hasil penelitian sejumlah ahli menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi buah labu dapat ditemukan adanya hubungan terbalik antara tingginya kandungan lycopene dan rendahnya resiko terkena kanker prostat. Terutama bagi mereka yang telah berusia lanjut dan yang tidak meliki riwayat keluarga dengan kanker prostat.

  • Mampu mengontrol diabetes

Senyawa yang terdapat dalam biji labu sangat baik dalam menyerap glukosa yang masuk ke dalam usus, serta mampu menjaga keseimbangan kadar gula yang berada dalam hati.

  • Meningkatkan dan menjaga kepadatan tulang

Karena dalam buah labu terdapat kandungan mineral seperti potasium, mangan, magnesium dan kalsium yang dipercaya dapat menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya menjaga, kandungan tersebut juga mampu meningkatkan kepadatan tulang yang menurunkan resiko terkena osteoporosis.

  • Melancarkan proses pencernaan

Buah labu yang dikenal memiliki kandungan serat tinggi yang juga berperan baik dalam melancarkan proses pencernaan. Selain itu labu juga efektif dalam mengatasi sejumlah gejala yang ditimbulkan seperti kembung dan sembelit. Bersifat antiinflamasi membuat buah labu sangat efektif dalam mencegah sejumlah penyakit kronis.

Khasiat yang diberikan labu kuning memang luar biasa. Jadi mulai sekarang tidak ada salahnya untuk memasukan buah labu ke dalam daftar menu makanan sehat harian. Selain menyehatkan, buah labu juga dapat diolah dengan berbagai olahan. Dengan cara seperti itu, tidak akan terasa bosan walaupun dikonsumsi secara terus-menerus.